contoh soal Tindak Pidana dalam KUHP




KASUS  I :

Rampok   bersenjata celurit  menyatroni rumah seorang pengusaha  telur ayam di jalan Raya  Bamban, Asrikaton  Pakis kabupaten Malang,pada tanggal 3 April 2011  dinihari. Rampok yang berjumlah 4 ( empat )  orang sebut saja namanya  Suro,Dadap,Waru dan  Noyo.
Suro dan Dadap mengikat M.Zainul dan memaksa untuk menunjukkan dimana menyimpan uang dan kunci sepeda motor, Waru mengacung-acungkan celurit ke isteri Zainul dan anaknya,karena takut mereka berteriak. Khawatir teriakan tersebut didengar tetangga,Waru langsung menyabetkan celurit tersebut ke leher isteri zainul,karena kehabisan darah akhirnya isteri Zainul meninggal dunia. Sedangkan Noyo menunggu di mobil .   Dalam perampokan tersebut,pelaku berhasil  membawa kabur 2 ( dua ) sepeda motor masing-masing  Suzuki Spin dan Skywave. Selain itu,pelaku juga menggondol uang tunai Rp.7 juta hasil penjualan di toko , 3 ( tiga ) buah HP dan beberapa dus rokok berbagai merek.  Diperkirakan  perampok masuk dengan melompat pagar tembok,lalu mencongkel  pintu belakang dan naik ke lantai II.
Pertanyaan  :
1.    Tindak pidana apa yang dilakukan oleh keempat  perampok tersebut.? Jelaskan  unsur-unsurnya.
2.    Dalam contoh kasus tersebut berpindahnya kekuasaan terhadap suatu benda  diakibatkan oleh perbuatan siapa ?  jelaskan dengan menunjukkan kalimat  dalam kasus tersebut yang mendasari jawaban saudara.
3.    Apakah matinya orang lain ( isteri Zainul ) merupakan tindak pidana yang berdiri sendiri ? jelaskan saudara !

 KASUS   II :

Arie,25 tahun,seorang pengangguran,punya anak 2 (dua )  orang yaitu Icha ( 11 tahun ) dan Udin  (3 tahun ). Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya Arie bekerja serabutan. Pada tanggal 21 Januari 2011,Icha, anaknya  merengek minta dibelikan handphone seperti yang dimiliki temannya. Arie kebingungan,karena tidak punya uang,apalagi harga handphone yang diinginkan anaknya harganya mahal. Untuk menghilangkan rasa sumpeknya Arie berjalan-jalan keluar rumah sambil mencari cara untuk mendapatkan uang. Belum berapa lama di suatu tempat yang sepi  Arie melihat ada satu keluarga yang terdiri  dari ayah,ibu dan anak sebut saja namanya, Togar, Melinda,dan melati  sedang berjalan-jalan juga. Dilihat dari penampilannya mereka bukan orang miskin. Saat itu Togar ( sang ayah ) sedang menggunakan handphone Blackberry keluaran terbaru. Tanpa membuang waktu Arie langsung menodongkan pisau yang sudah disiapkan ke leher Melati  dengan  membentak  “ serahkan Blackberry atau nyawa  anak ini  melayang “. Melihat situasi seperti itu karena khawatir keselamatan Melati,dengan terpaksa  Togar  menyerahkan Blackberry-nya ke tangan Arie. Setelah mendapatkan Blackberry,Arie segera pergi.
Pertanyaan  :
1.    Dalam contoh kasus tersebut di atas,tindak pidana apa yang telah dilakukan oleh Arie? Sebut dasar  hukumnya.
2.    Jelaskan unsur-unsur  dari tindak pidana tersebut.

KASUS  III :
Kejadian bermula pada bulan Oktober 2009 ketika perusahan melakukan audit  keuangan di Pahala   Motor.  Auditor menemukan angka yang berbeda antara pemasukan keuangan di Buku kas dengan saldo yang ada di rekening Koran. Perbedaan ini merugikan Pahala Motor sebesar Rp.350.000.000,- ( tiga ratus lima puluh juta rupiah)
Setelah dilakukan investigasi ditemukan kejanggalan  di rekening milik Shinta (kasir ) di pahala Motor beberapa tahun ini. Ditemukan pemasukan yang tidak lazim yang mencapai Rp.350.000.000,-( tiga ratus lima puluh  juta rupiah ) pada bulan April hingga Agustus 2009.
Pihak Pahala Motor melaporkan kasus ini ke polisi dan setelah dilakukan penyelidikan terungkap bahwa Shinta mengaku meminjam uang itu secara diam-diam untuk keperluan pengobatan ibunya yang sedang sakit keras,dari pengakuannya pula dia telah meminjam uang sebesar Rp.550.000.000,- ( lima ratus lima puluh juta rupiah ) dan Rp.200.000.000,-( dua ratus juta rupiah ) telah dikembalikan di bulan Agustus 2009.
Pertanyaan  :
1.    Apakah tindakan Shinta dapat dikategorikan sebagai tindak pidana ?
2.    Jika ya ,jelaskan unsur-unsurnya dengan menyebut dasar hukumnya.
3.    Jika tidak,jelaskan alasan saudara.

         -SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES-
 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

contoh-contoh kasus dan analisisnya

PERBEDAAN DUTA, DUTA BESAR, KEDUTAAN BESAR, KONSUL, JENDERAL KONSUL, KOMISARIS TINGGI, DAN ATASE

Contoh Surat Dakwaan Kasus Penganiayaan