Resensi Buku






 
Judul buku      : Dahlan Iskan From Zero to Hero
Penulis             : Yaris Setiabudi
Penyunting      : Lilia
Penerbit           : Buku Pintar
Tebal                : 196 halaman
Dimensi            : 14 x 20 cm
Rilis                   : 2012
ISBN                  : 978-602-8931-65-6

Sinopsis
            Siapa yang tidak kenal Dahlan Iskan? Hampir setiap orang Indonesia mengenal sosok fenomenal seorang Dahlan Iskan. Pak Dis sapaan akrab Dahlan Iskan ternyata berasal dari keluarga miskin yang sering mengalami kesulitan dalam hidupnya, namun hal itulah yang membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang matang seperti sekarang. Mengawali karirnya menjadi seorang jurnalis di Samarinda, sampai kemudian dipercaya membangun Jawa pos, hingga di tahun 2009 beliau pun diangkat menjadi dirut PLN. Berkat prestasi-prestasinya yang luar biasa selama 2 tahun di PLN, Dahlan pun akhirnya diangkat oleh presiden sebagai menteri BUMN pada oktober 2011.
            Gaya kepemimpinan Dahlan Iskan sangat unik. Beliau adalah sosok pemimpin yang keras tanpa kompromi, jujur, pekerja keras yang tak mengenal waktu, cepat dalam mengambil keputusan, dan kritis terhadap pemerintah, tetapi tidak pernah menempatkan diri  sebagai orang yang berseberangan dengan pemerintah. Beliau juga sosok yang sangat piawai memberikan inspirasi dan memiliki kemampuan berinovasi untuk melakukan suatu hal  kadang di nilai  " tidak biasa " oleh orang lain.
            Banyak orang yang menyebut Dahlan sebagai  orang yang cara berpikirnya out of the box, sebutan yang dialamatkan untuk orang yang memiliki keanehan-keanehan  dalam cara berfikir, berpendapat, berkarya, berucap, berpenampilan, berprinsip dan banyak hal lainnya. Banyak tokoh sukses yang memiliki cara berpikir seperti ini. Berpikir out of the box biasanya akan membebaskan kreatifitas, sehingga bisa menghasilkan ide yang gemilang dan brilian.
            Selain menuturkan perjalanan karir Dahlan Iskan, buku ini juga mengulas sedikit tentang kehidupan pribadi Dahlan,  seperti cerita saat beliau menjalani operasi transplantasi hati di tahun 2007, karena didiagnosis mengalami kanker hati. Kemudian tentang keseharianya yang cukup bersahaja,  meskipun sudah menjadi pejabat negara namun tak menunjukkan kuasa yang berlebihan dan  tidak terjebak dalam gaya bos.
Kelebihan
1.      Buku ini sangat menginspirasi pembaca untuk bekerja keras, kreatif  dan berpikir “tidak biasa” untuk dapat sukses.
2.      Buku ini mengajarkan kita untuk menjadi apa adanya( low profil ) walaupun kita telah menjadi orang yang sukses.
kekuranagan
1.      Banyak kesalahan memberikan jeda, seperti pada kalimat “Mengawali sebagai seorang menteri, seperti saat menjadi Dirut PLN, Dahlan langsung bergerak cepat dan terlihatsibuk”, pada halaman 106. Seharusnya antara kata “ terlihatsibuk” di beri jeda, menjadi “terlihat sibuk”.
2.      Terjadi kasalahan saat pencetakan buku ini. Halaman 162 dan 163 ternyata tidak ada.


Comments

Popular posts from this blog

contoh-contoh kasus dan analisisnya

PERBEDAAN DUTA, DUTA BESAR, KEDUTAAN BESAR, KONSUL, JENDERAL KONSUL, KOMISARIS TINGGI, DAN ATASE

Contoh Surat Dakwaan Kasus Penganiayaan